Cara Mengatasi BlueScreen (BSOD) atau Your PC Ran

7/23/2017
BSOD atau BlueScreen Of Death adalah peringatan yang biasa muncul di sistem operasi windows 7 kebawah, sedangkan Your PC Ran adalah peringatan yang muncul di sistem operasi windows 8 keatas, kedua peringatan ini sama hanya kata - kata dan tampilannya saja yang berbeda, jika peringatan ini muncul itu artinya komputer atau laptop kamu sedang mengalami masalah. Masalahnya sendiri tidak tentu, ada yang karena software atau karena hardware.


Cara mengatasi BSOD atau YPR sendiri tergantung dari kode yang nantinya ditampilkan di layar kamu pada saat terjadi BSOD atau YPR. Oleh karena itu sesegera mungkin menghafalkan atau menuliskan kode yang ditampilkan, disini akan saya beri cara mengatasi beberapa BSOD atau YPR tanpa kode itu.

1. Jalankan Perintah Sfc /Scannow
Dengan menjalankan printah ini, beberapa file windows yang error akan dibetulkan. Tetapi jika BSOD atau YPR tetap terjadi setelah melakukan scan ini, berarti kemungkinan yang rusak adalah bagian hardware komputer atau laptopmu. Untuk itu, cara ini masih berkemungkinan kecil untuk mengatasi BSOD atau YPR. 

2. Menjalankan Disk Repair Dengan HDD Sentinel
HDD Sentinel adalah software yang berguna untuk mengecek detail keadaan harddisk yang kita gunakan, selain untuk mengecek, HDD Sentinel juga bisa digunakan memperbaiki harddisk yang rusak. Tetapi beda ceritanya kalo yang rusak adalah hardware, seperti cara pertama hal ini tentunya juga akan sia - sia, oleh karna itu sebelum menjalankan 2 cara ini, sebaiknya dipastikan dahulu bahwa yang membuat BSOD atau YPR bukan dari hardware. 

3. Mengecek Bagian Hardware
Setelah melakukan perbaikan pada file - file dan software, BSOD atau YPR tetap terjadi maka selanjutnya cek bagian hardware. Bagian hardware yang biasa menjadi penyebab BSOD atau YPR mulai dari urutan pertama hingga akhir, yaitu RAM, HDD, VGA, MoBo. 4 hardware yang saya sebutkan itu mungkin ada yang tidak menjadi penyebab, tetapi sekalian saja untuk jaga - jaga.

4. Jalankan Perintah Chkdsk
Kembali lagi dengan mengatasi file atau software, kali ini menggunakan perintah chkdsk, perintah ini fungsi hampir sama seperti menggunakan HDD Sentinel. Perintah ini akan menscan dan memperbaiki file yang badsector, nah mungkin dengan bergitu BSOD atau YPR juga ikut teratasi.

5. Install Ulang Windows
Jika BSOD atau YPR sudah memasukin tahap yang sangat parah, maka setiap digunakan beberapa menit atau digunakan untuk menjalankan program tertentu akan BSOD atau YPR, maka jalan lainnya adalah dengan menginstal ulang windows. Namun, seperti yang saya lkatakan sebelumnya pastikan bahwa masalah BSOD atau YPR ini bukan dari hardware, bagaimana cara mengecek dari hwardware atau bukan ? setidaknya ikuti kata - kata ini, BSOD atau YPR sangat jarang terjadi pada bagian hardware. Kata itulah yang akan kamu gunakan jika memang harus menginstall ulang windows dan percaya bahwa masalah BSOD atau YPR akan hilang, jika tetap ada maka kemungkinan lainnya memang hardware.

6. Pilih Driver VGA yang Tepat
Terkadang BSOD atau YPR juga bisa disebabkan oleh pemasangan driver yang tidak cocok dengan Operating System, terutama Driver VGA. Lalu bagaimana agar kita bisa menginstall versi Driver sesuai dengan OS yang kita gunakan ? Pertama - tama cari tau dahulu Driver VGA kamu support sampai Windows berapa, contoh saja seperti Intel GMA 3600 yang Drivernya tidak support untuk Windows 10, nah jika dipaksakan untuk diinstall maka akan terjadi masalah seperti BSOD atau terkadang muncul peringatan error saat proses pemasangan. Jika kamu kesulitan untuk menentukan hal ini, lebih baik kamu menginstall Driver menggunakan CD yang sudah disediakan dari Pabrik, dan nantinya tinggal diupdate saja jadi tidak perlu khawatir lagi akan BSOD atau YPR.

7. HDD yang Bad Sector
Pernah mendengar HDD berbunyi "ceklek ceklek" meski hanya beberapa kali ? Nah, pada saat itu juga rawan terjadi yang namanya BSOD, biasanya Bad Sector disebabkan karena Komputer mati secara tiba - tiba (mati lampu), usia yang sudah tua, PSU, penggunaan berat secara berlebihan, dan lain - lain. Kamu bisa merepair Bad Sector tersebut, tetapi tidak menjamin akan menjadi normal seperti sediakan maka dari itu disarankan untuk segera mengganti HDD dengan yang baru.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar