3 Tips Memperbaiki/Mencegah Terjadinya Badsector Pada Harddisk

3/18/2017
Siapa yang tidak khawatir dengan Harddisk yang bad sector ? padahal itu adalah Harddisk satu - satunya yang kamu miliki dan menyimpan banyak data penting tentang perkerjaan/tugas sekolah/file penting lainnya.
Nah, disini akan saya bagikan tips untuk memperbaiki Harddisk tersebut. Entah ini berhasil atau tidak yang jelas pada Harddisk Sentinel, Kinerja dan kesehatannya dapat kembali secara perlahan. Meski untuk memperbaikinya membutuhkan waktu lama, tetapi tidak masalah bukan ?


Ingat guy's ini semua hanya tips, jadi kalau tidak work jangan salahkan siapapun karena ini hanya tips bukan tutorial.

1. Sering - sering Melakukan CHKDSK Pada HDD Yang Bad Sector
Melakukan "chkdsk /r /f (localdisk):" pada Harddiks memang dapat memperbaiki beberapa BadSector yang ada pada Harddisk. 
Seperti yang sudah saya bahas di post sebelumnya Memperbaiki Harddisk Yang Error Dengan CMD

Cara ini dapat memberikan kelancaran pada proses - proses yang sedang dikerjakan pada Harddisk BadSector, tetapi efek yang diberikan hanya sementara saja. 
Dikemudian hari akan terasa kembali BadSectornya untuk itu, sudah saya sarankan di post sebelumnya untuk sering - sering melakukan scan "chkdsk /r /f (local disk):".
(D: diganti dengan local disk kalian)

2. Harddisk Yang BadSector Jangan Digunakan Dahulu
HDD yang badsector lebih baik jika tidak digunakan dahulu dalam jangka waktu tertentu, karena seiring berjalannya waktu, maka badsector yang ada pada HDD perlahan terperbaiki sendiri meski lambat. 

Memang hal ini belum terbukti, tetapi memang ada baiknya jika jangan digunakan. Jangan digunakan . juga untuk mengurangi resiko kesehatan pada HDD menurun, karena semakin sering kamu menggunakannya maka semakin cepat pula HDD tersebut K.O.



Tambahan :
HDD BS jangan digunakan untuk proses yang berat seperti : 
  • Merender di HDD badsector
  • Bermain game dengan grafik dan spesifikasi tinggi.
  • Copy / paste file yang berukuran besar.

3. Menggunakan PSU Yang Bagus
PSU atau lebih detailnya Power Supply Unit adalah komponen komputer yang mengalirkan listrik dari stopkontak ke komponen lainnya yang berada di dalam CPU. Menggunakan PSU yang tidak bagus atau lebih di kenal dengan PSU abal - abal,ternyata dapat menyebabkan masalah di beberapa komponen komputer termasuk pada harddisk yang nantinya akan berujung pada Badsector.

Untuk kamu yang masih menggunakan PSU bawaan casing, untuk segera menggantinya.Tetapi, jika PSU bawaan casing bagus maka tidak perlu diganti. Bagi pemula juga untuk selalu bertanya kepada master - master komputer yang ada saat ingin membeli PSU.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar