Cara Menambah RAM Virtual/Committed Dengan Harddisk

7/23/2017
RAM Virtual atau Committed adalah tambahan ram yang digunakan untuk membantu proses berjalannya suatu program, tetapi RAM Virtual ini tidak sepernuhnya bekerja seperti RAM biasa. Untuk meringankan serta membantu, itulah fungsi RAM Virtual, efeknya sendiri ada yang terasa dan ada yang tidak terasa sama sekali. Seperti saat bermain game, kamu bisa mencoba dengan tes Fps saat ditambah RAM Virutal dan yang tidak ditambah.


Langkah - langkah :
1. Klik kanan pada My Computer atau This PC, kemudian pilih properties

2. Akan masuk ke system info, pilih "Advanced System Settings"

3. Pilih tab "Advanced", kemudian pada bagian performance pilih "Settings...", pada kotak dialog perfomance pilih "Advanced", setelah itu pada bagian Virtual Memory pilih "Change..."

4. Uncheck "Automatically Manage Paging File Size for All Drives", lalu pilih salah satu local disk yang akan dijadikan Virtual Memory. Setelah memilih local disk yang akan dijadikan Virtual Memory, ganti dari "No paging file" ke "Custom Size". 

Masukan ukuran yang diinginkan, misal Min : 2000 Mb dan Max : 4000 Mb (untuk Maximum Size masukan dua kalinya). Setelah menentukan ukuran yang ingin diubah ke Virtual Memory, klik "Set", kemudian Ok - ok - ok dan restart komputer atau laptop.

5. Selesai

Info :
Ukuran yang akan dijadikan Virtual Memory atau RAM Virtual, diambil dari ukuran harddisk. Misal yang dijadikan Virtual Memory Min : 2000 dan Max : 4000, maka local diskmu akan digunakan atau menjadi terisi 2Gb.

Ukuran yang dapat kamu jadikan Virtual Memory tergantung dari space kosong yang tersedia/tidak digunakan di harddiskmu, misal harddiskmu masih ada space kosong 50Gb, maka kamu dapat menjadikannya Virtual Memory dengan Min : 10000 dan Max : 20000. Menambah RAM Virtual juga dapat memperlancar kerja laptop atau komputer.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar