Mengatasi GTA V Stopped Working Saat Buka Pengaturan

8/08/2017
Grand Theft Auto V adalah game buatan rockstar yang menjadi salah satu game terpopuler bahkan sampai saat ini, selain karna single player yang storynya menarik dan keren, multiplayers/online nya pun sangat menarik banyak minat dari kalangan gamers dan youtubers. Terlepas dari itu semua, pada kali ini yang akan kita bahas adalah sesuai judulnya.


Pernahkah saat pertama kali memainkan GTA V dan kamu ingin mengatur beberapa pengaturan tetapi saat buka pengaturan justru malah stopped working ? Mau tau alasan terjadinya hal itu dan cara mengatasinya ? langsung saja simak penjelasan berikut.

Penyebab Stopped Working Saat Buka Pengaturan :

Video Graphics Array (VGA) kamu mendukung (support) hanya sampai DirectX 10/10.1. 
Untuk mengecek VGA kamu support sampai DirectX berapa, kamu bisa cek dengan GPU - Z caranya liat di SINI. Jika kamu cek melalui Dxdiag dan tertulis DirectX Version 11, tetapi VGA kamu hanya support sampai DirectX 10/10.1 maka itu hanya akan menjadi sebuah tulisan, yang terpenting adalah supportnya pada bagian VGA bukan pada bagian dxdiag/windows.

Solusi Mengatasi Stopped Working Saat Buka Pengaturan :
Disini akan ada 2 solusi, jadi silahkan dipilih !

1. Ganti VGA yang Sudah Menggunakan DirectX/DX 11 atau 12
Dengan mengganti VGA DX 10mu ke VGA yang sudah DX 11/12, maka membuka pengaturan tidak akan menjadi stopped working lagi. Disini saya juga kurang paham mengapa DirectX menjadi faktor untuk membuka pengaturan, tetapi yang jelas DX 10/10.1 tidak akan bisa membuka pengaturan, kecuali menggunakan cara no.2. Nah mari ikuti cara no 2 agar kamu tidak perlu mengganti VGAmu.

2. Ubah DX_Version Pada Settings.xml GTA V
Dengan mengubah DX_Version yang ada di settings.xml GTA V, maka VGA dengan DirectX 10/10.1 akan bisa membuka pengaturan tanpa stopped working lagi. Disini akan saya tegaskan bahwa setelah berhasil membuka pengaturan, jangan sesekali mengubahnya ke DX 10.1/11, jika kamu mengubahkan maka kamu harus mengulang cara ini lagi. Nah, mati lihat caranya :
  • Buka my computer atau explorer, lalu pergi ke Documents
  • Cari folder Rockstar Games lalu buka
  • Buka GTA V, nah disitu akan ditemukan file "settings.xml", klik kanan pada file itu dan pilih edit (Jika disuruh open with, pilih notepad)
  • Cari kata "DX_Version" atau "DX_Version Value" (Yang intinya DX Version)
  • Jika sudah ketemu, ganti angka yang tertera disitu menjadi 0 (Jika masih stopped working coba ganti ke 1)
  • Simpan lalu keluar dari settings.xml, lalu coba buka pengaturan pada GTA Vmu
  • Tadaa~ kamu sudah bisa mengakses pengaturan dengan VGA DX 10/10.1

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar