Memperbesar Suara Speaker Laptop/Monitor

9/28/2017
Dengan suara yang kecil, tentunya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan laptop pastinya tidak akan terasa lengkap, seperti main game, nonton video, mendengarkan musik, dan lain - lain pasti akan terasa hampa. Oleh karena itu, meninggikan suara speaker tentunya akan menjadi hal yang diminati banyak orang khususnya pecinta musik, tetapi bagaimana jika suara laptop kita kurang keras padahal sudah 100% ? Nah berikut ini adalah cara memperbesar suaranya.


Ada keuntungan dan kerugian dari memperbesar suara laptop :
Keuntungannya adalah suara jadi semakin besar, sedangkan Kerugiannya adalah suara menjadi tidak jelas atau akan muncul suara berisik (Noise). Tetapi untuk kerugiannya, biasanya terjadi pada jenis netbook, yaitu laptop yang berukuran kecil, untuk yang berjenis laptop mungkin jika sound cardnya mendukung maka tidak akan ada masalah.

Bahan :
  • Realtek High Definiton Audio, jika laptopmu belum terinstall realtek ini, silahkan download di Realtek
Cara Memperbesar Suara Speaker :
1. Download dan install dahulu realtek, jika laptopmu sudah terinstall realtek langsung saja ke langkah selanjutnya
2. Klik kanan pada "icon sound" yang ada di taskbar, kemudian pilih "Sounds"

3. Setelah itu akan terbuka kotak dialog sound, pilih tab "Playback", lalu klik pada speaker yang saat ini digunakan (ada tanda centang hijau), kemudian klik pada "Properties"

4.Pilih tab "Enhancements", kemudian centang seperti gambar dibawah ini

5. Untuk "Environment" bagian "Setting", atur sesuka kamu sampai dirasa cukup, perbedaannya hanya terdengar sedikit sekali jadi kamu harus jeli jika ingin tau perbedaan diantara semua itu. 

Untuk "Equalizer" diatur ke "Treble" yang artinya kalau tidak salah tiga kali, artinya tiga kali lebih keras dari semula, jika hal ini diatur untuk netbook ada kemungkinan suaranya akan menjadi berisik (Noise), tetapi jika kamu pengguna netbook dan netbookmu tidak memunculkan suara berisik/noise maka oke oke saja.

6. Jika kamu ingin merasakan suara yang terasa sangat nyata dan detail suara nya terdengar sangat jelas, kamu bisa mengaktifkan "7.1 Virtual Surround Sound" (Jika tersedia)

7. Selesai, sekarang coba cek suara speaker laptopmu !

Note :
Jika ingin mengembalikan suara laptopmu ke semula, cukup uninstall saja Realtek High Definiton Audio lewat control panel. Untuk yang laptopnya sudah asli pake realtek dan ingin dikembalikan ke semula, cukup uncheck - uncheck saja yang barusan kamu centang dari langkah diatas.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar