Cara Memperkecil Ukuran Video Dengan Software

8/15/2017
Kamu seorang youtuber ? pastinya suka ngeupload videokan, nah video yang diupload itu ukuranya pastinya tidaklah kecil, tergantung dari durasi video tersebut. Nah, dengan software ini kamu bisa memperkecil ukurannya menjadi beberapa persen lebih kecil dari semula tanpa menurunkan kualitas videonya atau menghilangkan efek di videonya.


Software tersebut adalah Handbrake, software ini mampu memperkecil ukuran video tanpa merubah isi videonya, dan ukuran software ini juga terbilang kecil.

Download HandBrake for Windows 7 to 10 :
Download HandBrake for Mac OS X 10.7 to 10.12 :

Cara Menggunakan :
1. Download dan install HandBrake, jika sudah jalankan Handbrakenya
2. Akan muncul tab "Source Selection", pilih saja "File"

3. Pilih video yang akan diperkecil ukurannya, misal video anime SAO ini, lalu pilih "Open", dan Handbrake pun akan mulai memindai video kamu, jika ukurannya besar maka akan membutuhkan waktu beberapa menit.

4. Tentukan resolusi dari video kamu, misal SAO 480p maka kamu bisa memilih "Fast 480p30", atau kamu juga bisa memilih resolusi yang lain seperti "Fast 720p30, SuperHQ 480p30 Surround, dan lainnya"

5. Setelah itu centang "Web Optimized", kemudian pilih "Browse"

6. Tentukan lokasi video yang akan diperkecil ukurannya, dan beri juga nama/judul baru pada video itu. Kamu juga bisa menggunakan nama/judul video yang lama asal beda tempat penyimpanan.

7. Jika semua sudah dilakukan, hal terakhir adalah memilih "Start Encode", tunggu hingga video selesai di "Encode", lama cepatnya tergantung ukurannya.

8. Jika sudah selesai, kamu bisa melihat perbedaan ukurannya.

Note :
Jika kamu ingin mengetahui fungsi fitur lainnya seperti Cropping, Size, dan lainnya, kamu bisa melihat di youtube. Di youtube kamu bisa memperoleh fungsinya, karna jika saya jelaskan melalui tulisan, mungkin akan sulit atau malah penjelasannya akan panjang, kalau ingin dibuat video pun, channel youtube saya hanya menyediakan video tentang game dan bukan untuk tutorial atau semacamnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar