Rekomendasi Anti-Virus Untuk Laptop/PC

8/15/2019
Antivirus merupakan perangkat lunak yang berguna bagi keamanan privasi laptop atau komputer kita dari serangan virus atau malware. Dengan adanya antivirus, virus/malware tentunya tidak akan bisa memasuki, menyusipkan, ataupun memblok file - file yang ada di perangkat kita. Virus dan malware yang bersarang di laptop/pc kita tentu akan membuat kinerja dari perangkat kita menjadi lebih lambat karena proses dari virus/malware sangat berat, tentu bukan hanya itu virus dan malware juga berpotensi merusak file yang kita miliki, tentunya kita tidak inginkan file yang sudah kita buat menjadi hilang/rusak karena virus.


Nah, berikut beberapa antivirus yang direkomendasikan oleh Dunia Ilmu, tentunya setiap antivirus memiliki kekurangan dan kelebihannya masing - masing.

1. Malwarebytes

Antivirus yang satu ini menurut admin layak untuk direkomendasikan, selain keamanannya yang terjaga penuh, malwarebytes juga antivirus yang tidak terlalu agresif dan mudah dikendalikan. Fitur - fitur yang terdapat pada antivirus ini memang tak sebanyak dan sebagus seperti AVG, Avast, ataupun Bit Defender, fitur yang ditawarkan hanyalah fitur - fitur biasa namun jangan salah meski fiturnya biasa tetapi malwarebytes cukup tangguh dalam melawan berbagai jenis virus dan malware yang ada.

2. SMADAV

Produk lokal andalan kita yaitu SMADAV, juga direkomendasikan bagi kamu yang suka colok - colok flashdisk dari satu laptop ke laptop lainnya, SMADAV memiliki keamanan lebih di bagian tersebut, tidak perlu menunggu lama, dalam sekejap SMADAV mampu mendeteksi file mana yang sudah terinfeksi virus, meski begitu terkadang SMADAV justru membuat seseorang menjadi bingung karena tiba - tiba flashdisknya menjadi kosong (terhidden) setelah dicolokkan, tapi karena itulah kita jadi mengetahui bahwa flashdisk kita sudah terinfeksi virus dari laptop lain.

3. ESET Smart Security

ESET bukanlah antivirus yang lemah lembut, bisa dibilang sedikit agresif terhadap virus yang ada. ESET menawarkan perlindungan lebih optimal, penggunaan memory yang diperlukan untuk menjalankan antivirus ini tidak telalu tinggi sehingga tidak membebankan RAM yang ada dan kamu tetap bisa menjalankan program lain dengan nyaman. ESET menawarkan fitur yang bisa dibilang cukup banyak dan menjanjikan bagi keamanan privasi kita, itulah kenapa ESET terbagi menjadi 3 untuk disesuaikan dengan kebutuhan masing - masing personal.

Note :
Bagi kalian yang memiliki RAM kecil misal 2 GB/ 4 GB, lebih baik tidak perlu antivirus tambahan karena antivirus bawaan (Windows Defender) sudah cukup mampu menangani virus yang ada saat ini. Kenapa demikian ? karena saat proses scanning berlangsung akan menggunakan RAM yang tinggi, hal tersebut tentunya akan mengganggu antivitas kamu saat sedang menjalankan program lain, tentunya akan membuatmu merasa kurang nyaman.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar