Tips Memperlancar Kinerja PC/Laptop Saat Main Game

3/30/2019
Semakin berkembangnya industri game, semakin tinggi pula spesifikasi yang dibutuhkan agar PC/Laptop kita kuat menjalankan game tersebut. Namun, tidak semuanya bergantung pada hardware apa yang kita gunakan, terkadang sistem operasi, pengaturan, perangkat lunak, dan lain - lain yang tidak tergolong hardware juga menjadi salah satu hal pokok yang harus diperbatikan agar PC/Laptop kita tidak mengalami penurunan Framerate Per Second (FPS) saat memainkan game. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian coba untuk meningkatkan kinerja PC/Laptopmu.


1. Atur Power Options
Pada umumnya, baterai kita diatur pada mode Balanced sehingga akan menimbulkan lag/down perfoemance saat baterai laptop mencapai presentase yang telah ditentukan dan terkadang laptop kita bisa kembali meningkatkan fpsnya saat dicas. Nah untuk kamu yang tidak ingin mengalami down fps saat sedang asik - asiknya bermain game, kamu bisa merubah pengaturannya menjadi "High Performance".

2. Jika Kamu Pengguna GPU Nvidia, Atur Pengaturannya Menjadi Performance
Pertama - tama masuk ke NVIDIA Control Panel dengan cara klik kanan pada deskop, pilih tab "Adjust image settings with preview" dan atur ke "Use my preference emphasizing : Performance" dengan menyeret tombolnya sampai ke ujung arah kiri.

Berikutnya masuk ke tab "Manage 3D settings", pada "Global setting" scroll ke bawah hingga menemukan "Power management mode ubah ke Prefer maximum performance" dan "Texture filtering - Quality ubah ke High performance"

Kemudian tekan Apply dan close saja NVIDIA Control Panelnya, sedangkan untuk pengguna Radeon kamu bisa mencoba menyetingnya juga melalui Global setting karna admin sendiri tidak hafal seluruh settingannya

3. Atur Graphics Setting Windows 10
Masuk ke pngaturan windows, kemudian pilih System, pada tab Display scroll ke bawah hingga menemukan Graphics Setting. Klik "Browse" dan pilih game yang akan ditingkatkan performancenya, kemudian jika sudah, klik pada game tersebut dan pilih "Options" ubah ke "High performance" kemudian save

4. Matikan Fitur - Fitur Yang Tidak Dipakai Pada Windows 10
Kamu bisa mematikan beberapa fitur windows 10 yang tidak pernah kamu gunakan, seperti Location, Background Apps, Cortana, dan masih banyak lagi, admin tidak bisa menyebutkan semuanya tetapi sudah admin coba sendiri mematikan fitur - fitur yang tidak pernah dipakai melalui Windows Setting, disitu kamu bisa mengatur apa saja yang ingin kamu matikan hasil yang admin dapat, yang semula Fps nya hanya menyentuh angka 40 - 50 bisa meningkat tajam ke 60 - 70 Fps, ya itu semua tergantung setting apa aja yang bakal kamu matikan.

5. Dan Lain - Lain
Masih banyak cara yang bisa digunakan untuk memperlancar kinerja PC/Laptop saat main game, kamu bisa cari beberapa tutorial/tips nya di Blog Dunia Ilmu ini, karena sebagian sudah ada di sini dan sebagian lagi admin repost karena admin tidak terlalu hafal mana tips/tutor yang sudah dipost dan mana yang belum.

Kalau begitu selamat mencoba beberapa cara di atas dan beberapa cara lainnya yang ada di blog ini, jika ada cara yang lebih efektif dan lebih manjur, admin akan memposting secepatnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar