3 Tips Memperlancar HP Android Saat Bermain Game

9/15/2018
Tentu kalian sangat suka memainkan sebuah game, tujuannya kalau bukan karena hobi pasti karena ingin mengisi waktu luang saja. Tapi, tahun demi tahu game - game yang ada mulai memerlukan spesifikasi HP Android yang cukup tinggi, sehingga bagi siapa pun yang spesifikasinya tidak mencukupi maka akan terjadi lag/patah - patah saat bermain game.


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Saya bagikan, pengaruh tidaknya juga tergantung HP Android kalian. Jika memang Game tersebut masih terasa lag, ada baiklah jika kamu mengganti HP tersebut saja, karena jika dipaksakan akan berdampak buruk bagi HP itu. Oke, masuk ke tips 1

1. Matikan Mode Hemat Daya Saat Main Game
Untuk HP Android jaman sekarang, tentu tidak asing lagi bagi yang namanya Hemat Daya/Power Saver. Nah, fungsi dari Hemat Daya ini adalah me-lock Clock Speed dari Chipset HP kamu sehingga Clock Speednya tidak terlalu tinggi. Jika kamu menyalakan mode ini saat bermain game biasa/non-HD tentu tidak akan terasa bedanya, tetapi jika kamu bermain game HD maka baru terasa bedanya.

Misal : Clock Speed Chip HP kamu adalah 600 GHz - 1800 GHz, maka jika kamu menyalakan mode Hemat Daya, Clock Speed akan terkunci diantara 600 Ghz - 1000 GHz dan jika Hemat Daya dimatikan maka Clock Speed akan bekerja sesuai kebutuhan game-nya bisa sampai 1800 GHz. Nah, Clock Speed ini sangat berpengaruh pada lancarnya permainan, jadi jangan lupa dimatikan saat bermain game.

2. Gunakan Aplikasi Booster
Apliaski booster setidaknya bisa membantu melegakan penggunaan RAM, sehingga game yang dimainkan bisa berjalan lebih Smooth. Sistem yang digunakan Aplikasi Booster adalah menutup beberapa aplikasi yang tidak berguna yang sedang berjalan di background/latar belakang beserta aplikasi pendukungnya.

Nah, tentunya dengan memakai bantuan aplikasi Booster ini, kamu bisa meningkatkan tingkat kelancaran di HP kamu. Untuk mengingatkan, terkadang ada aplikasi booster yang justru menggunakan RAM dengan sangat tinggi, sehingga bukannya membuat RAM lebih lega, justru malah membuat RAM lebih penuh, jadi jangan salah dalam memilih aplikasi booster.

3. Gunakan Custom ROM Untuk Gaming
Jika kamu mau lebih lancar lagi, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengganti ROM bawaanmu dengan Custom ROM yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga untuk bermain game bisa lancar. Selain itu, dengan menggunakan Custom ROM kamu bisa menunlock beberapa fitur tambahan yang tadinya tidak tersedia, tetapi untuk menulocknya juga membutuhkan sesuatu contohnya Kernel tambahan.

Tidak semua HP Android mempunyai Custom ROM untuk gaming, kamu bisa mencarinya di Google atau bergabung dengan Grup Facebook yang biasa membagikan Custom ROM serta meminta reviewnya tentang ROM tersebut. Efek dari memasang Custom ROM adalah Bug pada Custom ROM, setiap CusRom pasti memiliki bug entah itu bug pada kamera, fingerprint, flash, fitur dalam, dll. oleh karena itu carilah CusRom yang sedikit bug dan menurutmu bug tersebut tidak terlalu menggangu.

Tambahan, dengan melakukan Root pada HP Android, kamu juga bisa membuka yang namanya Overclock, yaitu meningkatkan Clock Speed Chipset ataupun GPU ke Clock paling maksimal sehingga kinerja yang dihasilkan lebih baik, tetapi efek sampingnya adalah HP akan mudah panas dan baterai boros.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar