5 Tips Meringankan Google Chrome

6/28/2017
Chrome aplikasi browsing yang sudah banyak dikenal dan populer, selain itu aplikasi ini sangat mudah dan nyaman digunakan. Tetapi, tahukah kamu bahwa chrome itu memakai banyak ruang RAM sehingga untuk yang memiliki RAM kecil akan terasa lambat. Selain RAM, Procie juga berperan dalam menjalankan chrome, jadi apabila Procie dan RAM kamu dibawah rata - rata, menggunakan chrome sama dengan memainkan game dengan spesifikasi tinggi di laptop rendah.


Nah, berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi penggunaan RAM pada google chrome

1. Jangan Gunakan Theme
Bagi yang spesifikasi laptopnya tinggi pasti tidak masalah dengan yang satu ini, tetapi bagi yang spesifikasi laptopnya rendah ini akan berdampak pada pemuatan halaman. Halaman web akan semakin lama termuat dan menyebabkan sedikit patah - patah dalam mengscroll.

2. Kurangi Penggunaan Extension Pada Chrome
Penggunaan ekstensi sebenarnya memakan ruang dan menambah pemakai RAM chrome, untuk itu pastikan menonaktifkan ekstensi yang tidak digunakan agar ruang semakin terbuka. 
Cara melihat ekstensi yang menggunakan RAM adalah klik kanan pada title bar chrome lalu pilih task manager atau singkatnya kamu bisa menekan "Shift + Esc" bersamaan.
Ekstensi yang dimaksud adalah ekstensi IDM, Ads Blocked (ABP), AnonymoX, dan lain - lain.

3. Menggunakan Kode Rahasia
Sebenarnya ini bukan kode rahasia, cuman agar menarik saja. Jadi, pada post sebelumnya kode ini sudah dibahas dan telah diuji coba, hasilnya memang memuaskan.
Kode tersebut adalah "-process-per-site" (tulis tanpa kutip) dibagian "Target" pada shorcut chrome.
Untuk informasi lengkapnya bisa liat di Kode Chrome

4. Kurangi Jumlah Tab yang Dibuka
Semakin banyak tab yang dibuka maka akan semakin banyak pula chrome menggunakan RAM, dan tentunya setiap web memakai RAM dengan penggunaan yang berbeda - beda. Untuk itu, disarankan bagi yang spesifikasi rendah untuk mencoba cara ini agar tidak lambat saat sedang browsing, agar terhindar dari lag.

5. Selalu Bersihkan Sampah Chrome
Dengan membersihkan sampah pada chrome, akan membuat chrome lebih leluasan dan bebas. Sampah dapat dibersihkan tanpa bantuan aplikasi tambahan, dengan masuk ke bagian setting dan menghapus histori serta cache yang ada. Kalau ingin lebih bersih lagi gunakan aplikasi tamabhan seperti CCleaner, software tambahan biasa membersihkan sampai ke bagian terdalamnya hingga chrome terlihat seperti baru atau awal di download.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar